.

Minggu, 06 Juli 2014

PEKERJAAN WELDING DAN INSPEKSI Dalam HOT TAPPING

PEKERJAAN WELDING  Dalam HOT TAPPING
  1. Simpan kawat las dalam dry rod oven (untuk mencegah terjadinya penyerapan embun pada kawat las). 
  2. Bersihkan bagian pipa dimana pengelasan akan dilakukan, hilangkan embun pada permukaan pipa sebelum fitting dipasang.
  3. Adanya embun pada permukaan pipa atau pada lapisan kawat las dapat merupakan sumber atom hydrogen. Bila atom Hidrogen diserap pada las dan pada daerah terkena pengaruh panas maka lasan dapat retak.
  4. Putuskan system Khatodik Protection sebelum pelaksanaan pengelasan.
  5. Safety Talk dengan crew HSE, Crew yang terlibat dan Instansi yang terkait bahwa pengelasan akan segera dimulai
  6. Persiapan Penyetelan Spool Fitting
  • Tempatkan Spool Fitting pada pipa yang telah dibersihkan dan diukur ketebalan serta MAOP-nya.
  • Pasang Waterpass level untuk menentukan posisi Spool Fitting horizontal terhadap  eksisiting pipa, lalu dilakukan ‘las cantum’ agar posisi tidak berubah.
Pengelasan Melingkar / Circumferencial Welding
  1. Pengelasan dimulai dari tengah weld o let dengan arah setengah lingkaran, lalu setelah setelah disambung lagi menuju start point pengelasan/arah berlawanan dan pada pelaksanaan pengelasan sebuah weld o let dilaksanakan oleh satu orang juru las.
  2. Setelah first pass dilakukan pengujian (test) dengan NDT.
  3. Bilamana pada pengelasan first pass selanjutnya sampai pengelasan penuh sesuai dengan prosedur dan standard yang dipergunakan.
  4. Pengujian secara visual dilakukan kembali untuk mengetahui hasil mutu las-san yang terbentuk. Kemudian dilanjutkan dengan NDT dan pengelasan dinyatakan selesai bilamana tidak terdapat cacat las.

INSPEKSI
  1. Inspektor las memeriksa secara visual kerja pengelasan seperti ada tidaknya cacat retak, cacat karena kurang bersatunya bagian elas (lack of fusion) dan cacat karena potongan dibawah (under cut).
  2. Lakukan pengujian dengan Dye Penetrant Test (DPT) setelah selesai jalur kaki las (root pass). Untuk memeriksa lasan filet yakinkan tidak ada cacat retak. Kalau ada segera lakukan repair.
  3. Pada akhir pengelasan lakukan pemeriksaan DPT.
Jika anda ingin mengetahui tentang  PEKERJAAN WELDING DAN INSPEKSI Dalam HOT TAPPING mulai dari sitem kerja peralatan sampai fungsi dan kegunaannya nya secara mendetail anda bisa Menghubungi Kami :
(DTB + Bima)
Email Kontak  :  budimuhammadwadud@gmail.com
 Kontak
087882483889
 Kami sangat senang apabila bisa membantu memberikan informasi tentang  PEKERJAAN WELDING DAN INSPEKSI Dalam HOT TAPPING kepada anda.
Creat bye : Java's Group

1 komentar:

  1. Keren mas informasinya

    Hot tapping memang penting untuk dipelajari lebih lanjut, terutama dari sei keamanan & keselamatannya (K3) agar tidak menjadi korban kecelakaan

    salam K3
    LT

    BalasHapus